Test Kecepatan Telkom Speedy

Hari ini saya mampir ke Speakeasy — Speed Test untuk mengetahui seberapa cepat (atau lambat) sambungan internet Telkom Speedy saya. Hasilnya lumayan, saya mendapatkan kecepatan maksimal yang biasanya saya dapatkan dari Telkom Speedy.

Tapi sayangnya, ini adalah perkecualian. Akhir-akhir ini kecepatan yang bisa saya dapatkan di jam kantoran cuma berkisar 20-25 KB/s. Kalau ingin mendapatkan kecepatan 40,9 KB/s hanya bisa di malam atau dini hari. Itu pun belum pasti.

Update: Siang hari pukul 12:37, saya kembali melakukan test kecepatan. Hasilnya? Kecepatan download turun drastis menjadi 12 KB/s (sebuah rekor baru!) sedang kecepatan upload tetap di kisaran 6,5 KB/s.

Entahlah. Mungkin sudah terlalu banyak yang berlangganan Telkom Spedy. Mungkin Telkom ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari infrastruktur yang sudah ada sebelum memutuskan untuk membangun infrastruktur baru. Sebagai konsumen, kira-kira apa yang bisa saya lakukan? Lambat atau tidak lambat saya tetap membayar Rp. 825.000,- per bulan (Rp. 750.000 + PPN 10%).

Pengalaman terdahulu dengan StarOne milik Indosat meyakinkan saya bahwa hal yang sewajarnya saya lakukan adalah pindah berlangganan ke sambungan internet lain. Saat ini sudah ada Fastnest dari Lippo Group yang menjanjikan kecepatan dua kali lipat dengan separuh biaya berlangganan Telkom Speedy. Sayangnya saat ini Fastnet belum menyambung ke kota saya. Jadi, saat ini saya mau tidak mau harus puas dengan sambungan Telkom Speedy.

Previous 2 / 2

129 Comments

  1. SPEEDY ANJING TAI

    JGN PERNAH TELP 147 buang2 waktu apalagi telp 147 pake pulsa ukh pasti lo bakalan di bikin kering itu pulsa lo.

    Sumpah gw udh berapa kali telp 147 pake pulsa hp. JGN PERNAH PAKE TELP BUAT KE 147.

    Kalo gw kronologisnya tiba2 aja lemot dan saat w koment disini udh 5hari masih lemot bgt.

    Alesannya skrng katanya disuruh SABAR tunggu 2mingguan “katanya” mau lagi sedang dipasang “JARINGAN FIBER OPTIK”…GW DALEM HATI CUMAN APA GINI CARANYA TIPU2 RAKYAT.

    Trus tapi kalo disuruh bayaran LEMPENG alias KAGA ADA KORTINGAN..wkwkk…SPEEDY ANJING.

    Apalagi kalo operatornya dateng alesan buat minta2 JATAH PREMAN. Lha wong mereka kan di GAJI trus buat apa minta duit segala.

    Operator dan CS semua di design untuk caranya mengelak jika ada KOMPLAIN.

    KALO GW BILANG SEMUANYA ORANG ANJING SEMUA TUH SPEEDY. DONGKOL BUKAN MAIN GW.

    Reply
  2. FAHMI-AK

    speedy ky siputt.. Luuuemmmoooooooot………. tulisanx aja 7 MB/sec…..fktax,,,
    download 100 KB/sec aja hrus nunggu di banting. cpetan siput. .,
    klo gitu truz pndah ke modem flash aja bisa smpek 2 MB/sec mantab

    Reply
  3. Anonymous

    Yakin dengan kualitas telkom spiidol (Julukan untuk telkom speedy)? Jangan ragukan dengan iklan-iklan yang mempesona. “Jaringan speedy memang STABIL!!!” Apa yang stabil?

    CSnya parah, kalau kita komplain cuma bisanya menyalahkan kita saja. Dasar CS terbutut seDunia!!! Coba ada FastNet di daerah ku, langsung gue daftarin tuh biar speedy mampus!

    Dan bagi FirstMedia pembuat FastNet, luaskan daerahmu, jangan di Jakarta saja. Pasang iklannya yang keren dan bersifat menyindir, biar pengguna Speedy bisa pindah ke FirstMedia dan FastNet.

    Maksudnya iklan yang menyindir? Nih contohnya:

    “Suatu hari, ada seorang pelanggan speedy dan FastNet. Sebut saja pengguna speedy itu Ari dan pengguna FastNet adalah Serah. Ari dan Serah sedang bermain game ‘Point Blank’ di komputernya. Suatu hari, internetnya Ari mengalami putus total tanpa sebab yang jelas, sehingga game Point Blank yang dia mainkan tanpa terkesan lag dan akhirnya tidak bisa dimainkan. Sedangkan Serah tetap nyaman saja. Ini disebabkan karena bagusnya jaringan FastNet. Jadi, gunakanlah FastNet untuk berinternet. Don’t get your Telkomspeedol!”

    Mau lagi, cobalah BOLT! Super 4G LTE, tapi cuma di daerah tertentu 🙁

    Ya sudahlah, ini bukanlah promosi, tapi untuk menjadi pengetahuan Anda saja untuk tidak menggunakan Speedy

    Reply
  4. ronny

    Udah seminggu aku gak bisa buka TOp eleven sam maingames.co.id. Tp jika aku buka via jaringan lain ternyata bisa buka, ternyata yg bermasalah speedynya.

    Reply
  5. Yudhi

    Dulu saya pernah pakai speedy 2MB…. udah 4 bulan berjalan,,,,, semuanya tipuan belaka 2MB hanya dapet setengahnya… terkadang setengahnyapun kurang…. saran saya nih.. agan-agan yang punya bisnis warnet atau apalah…. gak usah pake speedy lagi… nyakiti hati, beralihlah ke Wearles atau FO, dijamin untung n memuaskan dah….

    Reply
  6. Mohd Agung

    ternyata speedy gx sesuai yg q bayangkan, kalau gini urungin aja niat nyambut speedy..
    Nunggu kalau udh lancar aja.. 🙂

    Reply
  7. galau karena speedy

    perusahaan besar tapi palayanaan kecil,..
    parah bin cacad speeedy..
    kapan berubah nih speedy eeq kaga bener.
    padahal jadi ikon salah satu games terbesar se-asia ,tapi ancur koneksinya,..cacad cacad 😀
    dah orang lapangan kaya debt colector,kalo mau bagus koneksi pindah jaringan yg bagus UUD (ujung-ujungnya duit).

    Reply
  8. fathah

    saya langganan yang 2 mega Rp. 1.2 juta perbulan tapi dapatnya hanya separohnya 1 mega saja …..
    Apa telkom gak punya meteran khusus kayak listrik PLN bayarnya hanya berdasarkan pemakaian saja, kalau hanya dapatnya kadang gak sampai 1 mega mending saya langganan yang 1 mega saja hanya Rp. 600 ribu atau yang rumahan 384 kilo malah kadang dapatnya 400 kilo
    Keluhan ini mungkin sama se Indonesia …. tapi tidak ada solusi sama sekali dari telkom

    Reply
  9. romans

    dari pada gua nerusin buka usaha warnet,, mending gua beralih buka usaha PS2,PS3 aja ya..
    buka usaha warnet mah membikin kondisi ke uangan semakin bubut gan,,
    alasannya knp?
    bayar speedy skarng mahal, jangkawannya gk memuasakan, sering banget yang namanya GANGGUAN, loding LEMOT super LEMOT malah,, parah bgt si ni speedy.. TINGKATIN DONG KUALITASNYA OM SPEEDY

    Reply
  10. mulyoto

    gimana nih pake speedy baru 3 bulan pake peket 3, cuman lancar 1 bulan,kecepatan cuma 0.5 mg,telp ke telkom jawaban selalu “coba di resert aja ” ato mungkin tehnisi telkom speedy trainingnya cuman resert aja ya……….selebihnya ga bisa memperbaiki.

    Reply
  11. kandar

    sy jg pny usaha warnet dan warnet sy trlalu lola(loading lama) pdhal sy pake yg 2m.
    sy jg dah berkali2 tlp ke 147 tp jawabannya ttp sm, restart modem.

    Reply
  12. arie

    iya nih akhir2 ini speedy payah dapet banwid , ditest dimana aja sama selalu dapet separuhnya bayar/beli 2 Mbps dapet nya selalu tiap hari cuma 1Mbps ga pernah lebih payahhhh,, musti di tunjukin apa copyan speedtest nya yaaaaaaaaaa

    Reply
  13. Bernando Alfonso

    I use the internet TELKOMSpeedy but I feel very aggrieved over slow internet connection that I use. Is this TELKOMSpeedy company does not want to provide the best service to customers? Close companies TELKOMSpeedy, when internet connection is slow, do not tell quickly if the connection is still slow. Fuck you all

    Reply
  14. zea

    wah bener2 gila telkom speeedy ni!!!
    masa kecepatan gw cm 5,9 kbps!!!
    kalah sama oplet mandra dehhh!!!
    gimana ni telkom????
    gw byr g pernah telat, tp ni speedy leletnya setengah botakkk…..

    Reply
  15. lcbdg

    ya…….. setuju, saya jengkel udh komplain tidak ada respon dari telkomnya, sampai sekarang saya sudah 1 bln internetnya lambat banget, pada hal saya pake paket 1 mb, pas di cek di cbn cuman 200 kb, telkom goblok

    Reply
  16. triee

    sebenernya speedy bukan punya telkom yg punya telkom hanya fasilitas kabel tapi itu bisa di hack kok saya beli 1 mega saya tes pakai cbn dapat 2,6+ mb/s fb saya zhia najmi ulhaq

    Reply
  17. yudisudirman

    emang 99% warnet yg pakai speedy telkom ngeluh termasuk saya,bukan cuma leletnya ada kerusakan pun lelet penanganannya bayar 100,0 Mbps dapetnya g nyampe separoh

    Reply
  18. surya

    Yuk Para Pengusaha Warnet Rame-rame kita gugat Telkom karena kita selalu dirugikan oleh telkom

    Reply
  19. surya

    karena di Indonesia belum ada yang berani menggugat perusahaan yang dikuasai oleh negara. Makanya Pelayanan Perusahaan Negara selalu mengabaikan kepentingan konsumennya. Itu terhantung pada kita berani nggak menggugatnya, kalo udah ada yang berani menggugatnya baru tu ada dikit perhatian

    Reply
  20. Abdulrify

    Saya ini baru mencoba lagi untuk langganan speedy dengan kecepatan 512 Kbps. Saya cek tadi bisa mencapai 611 Kbps, tapi uploadnya lama, cuma 60 Kbps.

    Saya sudah lapor lagi dan akan lapor terus setiap saat bila speednya kurang memuaskan.

    Demikian Kenyataanya.

    Reply
  21. dinar

    telkomternyata cuma omong doang say rugi gede , lelet minta ampu massa 2mb keceptan kaya paki plasdisk rugi gua untung telkom

    Reply
  22. yuddy mh

    bos…bos…yg terhormat,bgmn nih speed d warnet sy g sesuai dengan perjanjian.seharusnya 2mg eeeeeeeeee1mg aja g sampai.gmn neh…….?sdh 2 tehnisi datang tapi g ada hasilnya.coba dong d cari solusi yg baik dan benar,k kta bayarnya telat………di putus tp sy byar tdk pernah telat tetep aja g dpet imbalannya.nyoooook para pengusaha warnet kta cabut aja bareng2.

    Reply
  23. lismer sibarani

    eamnk smua pekerja telkom kayak babi,anjink,kurang asem
    masak pekrja’a ngak da tngung jwab’a….
    yg lbh heran’a lgi keluhan kmi ngak da ditanggapi merek
    kan tu nm’a kayak babi,liat klen smua ea aku msukin klen k’koran……..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *