Test Kecepatan Telkomsel Flash

Karena banyak yang nitip comment keluhan di postingan saya tentang kecepatan Telkom Speedy, saya jadi ingin membandingkan dengan kinerja paket Telkomsel Flash yang saya gunakan saat ini.

Ini hasil tes dengan Speakeasy:

telkomsel-flash

Dan ini hasil tes dengan SpeedTest:

telkomsel-flash

Paket Telkomsel Flash yang saya gunakan adalah paket 256 Kbps menggunakan kartu Telkomsel Halo. Sejak Juni 2008 sampai sekarang hampir tidak ada masalah dalam pemakaian. Penerimaan sinyal juga OK-OK saja, selama ada sinyal Telkomsel. Satu-satunya ‘masalah’ yaitu Telkomsel membatasi volume penggunaan (istilahnya cap) dengan kecepatan sesuai paket (256 Kbps) hanya sampai 3 GB saja. Jika volume pemakaian sudah melebihi 3 GB, maka kecepatan koneksi akan diturunkan menjadi 64 Kbps.

Ketentuan pembatasan volume ini sebenarnya sudah dicantumkan sejak pertama saya berlangganan dua tahun lalu, tapi ternyata tidak selalu diterapkan. Tahun 2008-2009, saya bisa menikmati koneksi bablas angine alias menikmati kecepatan 2 MBps dengan volume unlimited seharga Rp. 143.500/bulan! Tidak tahu apakah ini semacam promosi. Tapi yang jelas ini menyebabkan terjadinya abuse massal oleh para pengguna Telkomsel Flash (termasuk… saya). Hingga akhirnya setahun yang lalu cap volume 3 GB tersebut benar-benar diterapkan, dan kecepatan koneksi saya benar-benar dibatasi pada 256 Kbps, sesuai paket.

Saya tidak tahu apakah masih ada pilihan paket dari penyedia jasa lain yang sekiranya lebih bagus. Kalau bisa, di bawah Rp. 100.000/bulan dapat kecepatan 384 KBps dengan volume unlimited gitu lho. Sebagai catatan, dua bulan terakhir ini kecepatan koneksi Telkomsel Flash sudah bablas lagi, hingga mencapai 2 MBps. Tapi cap 3 GB masih tetap berlaku.

–update 20-11-2011

Saya coba lagi tes dengan SpeedTest, kecepatan download masih kisaran 2 MBps.

3 Comments

  1. tutur

    mas,kalo pake vpn itu gimana yah??soale banyak yang bahas bisa internetan pake vpn,tapi harus registrasi dulu ke m*binity

    -salam dr kelompok 3-

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *