Humor

ILW3584

Koleksi humor dan anekdot dari masa-masa yang suram.

Comedy is simply a funny way of being serious.

Peter Ustinov

Dari Jerman:

Front Timur, 1944. Keadaan semakin memburuk bagi pasukan Jerman. Di semua lini mereka dipukul mundur ke Barat oleh Tentara Merah. Di sebuah rumah sakit tentara, seorang prajurit Wehrmacht tengah terbaring sekarat. Ketika ditanyakan keinginan terakhirnya, sang prajurit menjawab, “Aku ingin mati sambil memandang orang-orang yang aku korbankan hidupku untuk mereka”. Suster lalu meletakkan foto Führer di sebelah kiri sang prajurit dan foto Göring di sebelah kanannya. Sang prajurit tersenyum puas dan berkata, “Kini aku bisa meninggal seperti Yesus, di antara dua orang kriminal.”

(Joseph Müller, seorang pendeta Katholik Jerman dihukum mati oleh Nazi tanggal 11 September 1944 karena berulang kali menceritakan anekdot di atas)

 

Dari Uni Soviet:

Sebuah kereta api yang tengah melaju menyusuri Rusia terpaksa berhenti di suatu jalur karena rel belum dipasang.

Tergantung dari siapa yang menaiki kereta tersebut:

Lenin akan mengumumkan penambahan hari kerja untuk memasang rel baru.

Stalin akan memerintahkan hukuman mati bagi semua penduduk dalam radius 50 km, lalu memerintahkan para tahanan untuk memasang rel baru.

Krushcev akan membongkar rel di belakang kereta untuk dipasang di depan kereta.

Brezhnev akan memerintahkan agar semua jendela kereta ditutup dan kereta berjalan maju mundur.

Gorbachev akan keluar dari kereta dan berteriak, "Tidak ada rel!".

-===-

Dari Uni Soviet:

Rombongan dari Amerika Serikat dibawa mengunjungi sebuah pabrik Soviet, untuk menunjukkan ketekunan dan kesetiaan para pekerja Sosialis.

Partorg dan direktur pabrik memerintahkan para pekerja berbaris. Keduanya lalu naik ke atas peti dan mengumumkan, "Mulai besok, gaji kalian akan dipotong 30%!"

Tepuk tangan riuh.

"Lama jam kerja dan quota produksi akan digandakan!"

Tepuk tangan yang bahkan lebih riuh lagi.

"Satu dari sepuluh orang di antara kalian akan digantung!"

Hening. Akhirnya seseorang di baris belakang bertanya dengan suara pelan, "Apakah kita perlu membawa tali kita sendiri, atau akan disediakan oleh serikat buruh?"

-===-

Dari Uni Soviet:

Di suatu kunjungan kenegaraan Uni Soviet ke Amerika Serikat, kedua kepala negara mulai berdebat tentang perwira pengawal siapa yang lebih setia. Karena pertemuan digelar di dekat air terjun Niagara, keduanya sepakat untuk melakukan uji coba dengan memerintahkan perwira pengawal masing-masing melompat ke air terjun.

Perwira pengawal dari Amerika dengan tegas menolak, "Saya punya keluarga, anak-anak!!"

Perwira pengawal dari Uni Soviet langsung meloncat begitu mendengar perintah, dan hampir saja tidak terselamatkan pada saat-saat terakhir di ujung air terjun.

"Kenapa anda begitu berani?" tanya presiden Amerika Serikat yang begitu terkejut.

Sang perwira pengawal dari Uni Soviet menjawab dengan lirih, "Saya punya keluarga… anak-anak…"

-===-

Dari Jerman Timur:

Dua orang pria tengah minum-minum di dalam bar. Satu di antaranya bertanya, "Apa yang anda pikirkan tentang pemerintah, kawan?"

Pria yang satu lagi menjawab dengan was-was, "Yang saya pikirkan kira-kira sama dengan yang anda pikirkan."

Pria pertama langsung mengeluarkan sebuah lencana dan berkata, "Maaf, terpaksa anda saya tahan."

-===-

Dari Jerman Timur:

Di sebuah subway Berlin seorang pria yang dikenal sebagai anggota partai menginjak kaki seorang wanita, dan si wanita menamparnya. Langsung saja seorang pria melompat dari kursinya dan memukuli si anggota partai. Tidak cukup dengan itu, pria tersebut mendorongnya jatuh dan menendangnya berulang kali. Sang wanita menjerit, "Hentikan! Dia cuma menginjak kakiku!" Sang pria nampak kebingungan dan kecewa sambil berkata, "Oh, aku kira akhirnya terjadi juga."

-===-

Dari Jerman Timur (cukilan dari Das Leben der Anderen):

Erich Honecker tiba di kantornya di pagi hari dan membuka jendela. Ia melihat sang matahari dan berkata, "Selamat pagi wahai Matahari!". Matahari membalas, "Selamat pagi, wahai Erich!"

Honecker memulai hari kerjanya. Ketika siang tiba, ia kembali berdiri di jendela dan berkata, "Selamat siang wahai Matahari!". Matahari pun kembali membalasnya, "Selamat siang, wahai Erich!"

Akhirnya sore tiba, dan sebelum Honecker pulang sekali lagi dia berdiri di jendela dan berkata, "Selamat sore wahai Matahari!". Namun kali ini sang matahari diam membisu.

Sekali lagi Honecker berkata, "Selamat sore wahai Matahari, ada apa denganmu?"

Kali ini sang matahari membalas, "Persetan denganmu. Aku sekarang sudah di Barat."

-===-

Dari Jerman Timur:

*Berita Penting*

Juara lompat galah Jerman Timur baru saja menjadi juara lompat galah Jerman Barat.

-===-

Dari Rumania:

Setelah musim dingin 1984/1985 yang sangat buruk, di mana rakyat Rumania harus bertahan dari kelaparan dan kedinginan yang parah, Ceausescu mengadakan konferensi pers untuk wartawan asing.

Seorang reporter bertanya, "Kami mendapatkan banyak informasi mengenai krisis energi yang melanda Rumania selama musim dingin ini, yang mengakibatkan kurangnya air panas dan penghangat di dalam rumah. Apa yang menjadi penyebab hal ini dan langkah-langkah apa saja yang telah ditempuh untuk mengatasinya."

Ceausescu menjawab, "Ya, benar, kami mengalami banyak masalah selama musim dingin karena banyaknya salju yang menghalangi jalur kereta sehingga kereta batu bara tidak dapat mencapai pembangkit tenaga listrik. Kami terpaksa mengurangi jumlah energi yang digunakan untuk penghangat rumah agar industri kami tetap berjalan, tapi tidak seorangpun ada yang mati kedinginan."

Reporter lain bertanya, "Kami mendengar bahwa terjadi kekurangan pangan di Rumania dan bahan makanan yang ada banyak yang diekspor untuk membayar hutang luar negeri Rumania. Apa pendapat anda tentang hal ini?"

Ceausescu menjawab, "Ya, benar, kami punya beberapa kewajiban yang harus dipenuhi, dan ini berarti kami harus mengeskpor, dan ini menyebabkan kekurangan pangan, tapi tidak ada seorangpun yang mati kelaparan."

Reporter ketiga bertanya, "Tuan Ceausescu, ketika anda mengetahui bahwa dingin dan lapar telah gagal, kenapa anda tidak mencoba gas syaraf?"

-===-

Dari Yugoslavia:

Ini adalah kisah tentang bagaimana seorang gipsi sampai tiga kali dikeluarkan dari keanggotaan Partai Komunis Yugoslavia.

Di tahun 1949, ia disuruh untuk menurunkan portret dan ia menurunkan portret yang keliru.

Di tahun 1950-an, ia ditanya kenapa ia tidak menghadiri rapat terakhir Partai, dan ia menjawab, "Kalau saja aku tahu itu rapat terakhir, sudah tentu aku akan datang."

Di tahun 1980, ia mendengar bahwa 20.000.000 DM dihabiskan untuk pemakaman Josip Broz Tito, dan ia berkomentar, "Dengan uang sebesar itu, kita bisa sekalian mengubur seluruh Komite Pusat."

-===-

Dari Uni Soviet:

Selamat pagi para pendengar tercinta dan selamat berjumpa lagi dengan radio kesayangan anda, Radio Yerevan, yang setia mengudara dari kota terindah di Uni Soviet, Yerevan. Seperti biasa kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anda.

T : Apakah benar separuh dari Komite Pusat Partai Komunis idiot?
J : Tidak benar. Separuh dari mereka tidak idiot.

T : Apa perbedaan antara konstitusi Amerika Serikat dan Uni Soviet? Keduanya sama-sama menjamin kebebasan berbicara dan mengemukakan pendapat.
J : Pada prinsipnya, ya. Tapi konstitusi Amerika Serikat juga menjamin kebebasan setelah berbicara dan mengemukakan pendapat.

T : Apakah benar bahwa kebebasan berbicara dan berpendapat di Uni Soviet sama dengan di Amerika Serikat?
J : Pada prinsipnya, ya. Di Amerika, anda bisa berdiri di depan Monumen Washington di Washington, DC, dan berteriak, "Turunkan Reagan!", dan tidak akan ada yang menghukum anda. Di Uni Soviet, anda bisa berdiri di Lapangan Merah di Moskow dan berteriak, "Turunkan Reagan!", dan tidak akan ada yang menghukum anda.

T : Apakah dimungkinkan untuk memecahkan masalah yang tidak bisa dipecahkan?
J : Kami tidak menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pertanian.

T : Apa yang dimaksud dengan kekacauan?
J : Kami tidak menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan ekonomi nasional.

T : Apa yang dimaksud dengan diperbolehkan dan dilarang?
J : Di Inggris, apa yang diperbolehkan, diperbolehkan, dan apa yang dilarang, dilarang. Di Amerika, semuanya diperbolehkan kecuali yang dilarang. Di Jerman, semuanya dilarang kecuali yang diperbolehkan. Di Perancis, semuanya diperbolehkan, bahkan termasuk yang dilarang. Di Uni Soviet semuanya dilarang, bahkan termasuk yang diperbolehkan.

T : Apakah benar Adam dan Hawa adalah kaum komunis pertama?
J : Kemungkinan, ya. Keduanya berpakaian sederhana, kebutuhan pangan mereka juga sederhana, mereka tidak pernah memiliki rumah sendiri, dan mereka percaya bahwa mereka hidup di surga.

T : Bisakah kutu tempat tidur membuat sebuah revolusi?
J : Pada prinsipnya, ya, karena dalam urat nadi mereka mengalir darah kaum petani dan buruh.

T : Bisakah kita menduduki seekor landak tanpa memakai celana?
J : Pada prinsipnya, ya. Jika Partai Komunis menghendakinya, jika pantat yang akan digunakan adalah milik orang lain, atau jika landak tersebut telah dicukur dengan secukupnya.

T : Bisakah sebuah bom atom menghancurkan kota tercinta kita, Yerevan, dengan bangunan dan tamannya yang indah?
J : Pada prinsipnya, ya. Tapi kota Moskow jauh lebih indah.

T : Bagaimana supaya saya bisa mengatasi rasa takut terhadap dokter gigi?
J : Anggaplah sebagai satu-satunya tempat anda bisa membuka mulut dengan bebas.

T : Apa perbedaan prinsip antara kapitalisme dan komunisme?
J : Lenin pernah mengatakan, "Komunisme adalah pemerintahan Soviet plus listrik di seluruh penjuru negeri." Karena itu perbedaannya adalah sama dengan perbedaan antara kursi dan kursi listrik.

T : Apakah ada perbedaan antara kapitalisme dan komunisme?
J : Pada prinsipnya, ya. Dalam kapitalisme, manusia mengeksploitasi manusia. Dalam komunisme, sebaliknya.

T : Kenapa sebagian pria botak, dan yang lainnya tidak?
J : Semua pria botak. Hanya saja beberapa di antara mereka punya rambut di atas botak mereka.

T : Apakah benar bahwa di Moskow, mobil Mercedes tengah dibagi-bagikan kepada rakyat?
J : Ya, tapi bukan di Moskow melainkan di Leningrad, bukan Mercedes tapi Ladas, dan bukan dibagikan kepada rakyat tapi dicuri dari rakyat.

T : Apakah benar bahwa mobil kawan kosmonot Yuri Gagarin dicuri di Moskow saat perayaan?
J : Pada prinsipnya ya, tapi bukan di Moscow melainkan di Kiev, bukan mobil tapi sepeda, bukan kawan kosmonot Yuri Gagarin tapi kawan guru sekolah Gagarin, dan namanya bukan Yuri tapi Leonid…

T : Apakah dimungkinkan untuk benar-benar menikmati hidup di Uni Soviet?
J : Ya, jika anda menikmati kereta api yang padat penumpang.

T : Apakah benar kawan Mikulin dihukum 20 tahun di Siberia untuk penghinaan karena telah menyebut Leonid Brezhnev seorang idiot?
J : Tidak. Hukuman karena penghinaan hanya 6 bulan. Yang 19 tahun 6 bulan lagi karena membocorkan rahasia negara.

T : Apakah benar bahwa penyair Vladimir Mayakovsky bunuh diri?
J : Ya, itu benar, bahkan pesan terakhirnya juga tersimpan dengan baik: "Jangan tembak, kawan!"

T : Kenapa tidak ada tepung di pasar?
J : Karena sudah ditambahkan ke roti.

T : Benarkah rakyat Uni Soviet tidak memerlukan peralatan stereo?
J : Pada prinsipnya, ya. Sehari-hari kita mendengar hal yang sama dari semua arah.

T : Benarkah kondisi kamp kerja paksa kita sangat menyenangkan?
J : Pada prinsipnya, ya. Lima tahun yang lalu, salah seorang pendengar setia kami tidak percaya akan hal ini, sehingga dia dikirim ke sana untuk menyelediki. Kami diberitahu bahwa dia sangat senang berada di sana, karena sampai sekarang dia belum kembali.

T : Apakah diperbolehkan mengkritik partai komunis?
J : Pada prinsipnya, ya. Tapi bermukim di Siberia tidaklah terlalu nyaman.

T : Apakah dimungkinkan untuk berkendara melebihi 100 km/jam di jalan tol Rusia?
J : Pada prinsipnya, ya. Tapi, sampai saat ini belum ada yang selamat setelah mencobanya.

T : Apakah ada pemberangusan media di Uni Soviet?
J : Pada prinsipnya, tidak. Tapi kami tidak diperbolehkan untuk membicarakan hal tersebut dalam acara ini.

T : Yang terhormat Radio Yerevan. Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi pada diri saya. Saya tidak lagi mencintai partai. Saya tidak lagi punya perasaan apapun kepada Kawan Brezhnev ataupun semua pimpinan partai. Apa yang harus saya lakukan?
J : Tolong kirimkan nama dan alamat anda kepada kami.

16 Comments

  1. aris susanto

    Untunhnya Kepala Badan Pertanahan tidak mencalonkan diri jadi ketua PSSI, seandainya dia jadi Ketua PSSI waqh berabe tuh,,, bisa-bisa Kiper di Plt, Kapten di Plt, back di Plt… pokoknya bisa di Plt deh….

  2. Bambang Ardiantoro

    Aku
    yang pernah menguciap Kasubdit mestinya jadi kakan,
    sebaliknya tiap Kakan jadikanlah Kasubdit
    agar saling merasa
    di mana pun kita enak ya ga enak
    tergantunng saat kapan merasa…
    SELAMAT TINGGAL sementara sobat2ku
    kelak kita jumpa lagi
    dan ada maunya nih… tolong dong semuaaturan yg di web
    jadikan CD dan aku mau minta (diganti ongkos CD yg murah tu…)

  3. MM

    He … he … he … lumayan juga, apalagi kalao sambil ngerawatin database jadi terhibur dikitlah, Bravo n keep posting !.

  4. Mohamad S

    Ha..ha…. lucu ru….
    — aku paling seneng yang humor ttg juara lompat galah— ha..ha..ha , jd ketawa terus….
    kalau bisa tambah dengan humor / anekdot daerah,
    biar untuk obat stress..