Previous 2 / 2

178 Comments

  1. marliah

    assalamu alaikum… saya mau bertanya berapa jumlah pegawai yang ada di kantor BPN kab. gowa soalnya saya akan mengadakan penelitoan disana tetapi sya kesulitan untuk mrngetahui jumlah pegawainya.. mohon bantuannya

  2. Irwan

    Kami sedang mengurus pemecahan serta balik nama sertipikat di BPN TIGA RAKSA TANGERANG pada awalnya untuk tanah yang BERLOKASI DI WILAYAH TANGSEL .

    Proses ini telah berjalan selama 1 tahun, lalu ujung2nya DIBUKA KANTOR BPN TANGSEL yg telah beroperasi beberapa bulan ini ! PELAYANAN JELEK MENGECEWAKAN JAUH DARI STANDARD PELAYANAN !

    Apa petugas BPN ini direkrut utk bekerja berdasarkan ATURAN & STANDARD di BPN atau KONEKSI atau PAKE DUIT ?

    Apa KPK sudah membongkar lebih jauh perihal RUSAKNYA MENTAL PEGAWAI BPN TANGSEL, yang meminta uang diluar ketentuan berlaku (pemerasan) !

    Mudah-mudahan diperhatikan dan terima kasih .

  3. Aulia Nur Fatimah

    Terima kasih untuk postingannya mengenai data para pejabat RI dan BPN RI, sangat membantu dalam pengerjaam tugas matakuliah. Namun ada satu hal yang ingin saya sampaikan, karena data tersebut termasuk data yg bersifat confidential, terutama untuk alamat dan no telp para pejabat. Menurut saya, ada baiknya jika anda memberikan ketentuan akses untuk data tersebut, seperti bagia siapa saja yang ingin mengaksesnya harus terlebih dahulu memasukan nama dan email, sehingga pengaksesan data masih dapat terlacak dan menghindari adanya penyalahgunaan data.

  4. Yik Al Maghrabi

    Saya pemilik sah Grand City Mall Surabaya. Sertifikat saya punya lengkap. Sejak tahun 1989 saya telah berjuang untuk mendapatkan kembali hak atas tanah dan rumah saya di Jl.Gubeng Pojok 48-50 Sby. Mulai diambil paksa Marinir Surabaya, lalu jatuh ke PT. Singo Barong Kencana, kemudian sampai sekarang diambil alih oleh PT. Hardaya Widya Graha dengan meng atasnamakan Yayasan WALUBI dengan ketua abadinya HARTATI MURDAYA, istri MURDAYA POO, salah satu TAIPAN di Indonesia. Anehnya… Kenapa Kepala BPN KOTA SURABAYA II bisa menerbitkan SHGB ABAL-ABAL, PALSU kepada PT.SBK dan PT.HWG?? Saya belum pernah menjual, menyewakan, meminjamkan atau apapun bentuknya ke pihak lain. Surat2 saya di Kelurahan Ketabang Surabaya semuanya SENGAJA DIHILANGKAN oleh oknum pejabat kelurahan dan pejabat BPN KOTA SURABAYA II. Hanya karena sedikit uang receh saja. SAYA SUDAH TIDAK PERCAYA HUKUM DI INDONESIA!!! Saya sdh lapor ke BPN RI, BPN KANWIL JATIM, BPN SBY II, POLRESTABES SBY, dll. Tapi mana ada yang mau bela kasus tanah saya…!!! Mereka hanay mau membantu para TAIPAN. Padahal dia dulu ke Indonesia tidak membawa apa-apa, bisanya hanya menyerobot dan memperebutkan tanah orang, Mafia Tanah saja. Sekarang ini saya umumkan : SIAPA YANG MAU BANTU MASALAH TANAH SAYA DI Jl.GUBENG POJOK 48-50 SBY, AKAN SAYA BERI IMBALAN YANG SANGAT BESAR. KALAU ANDA BERMINAT, Email ke yiekm99@gmail.com. SEKIAN DAN TERIMAKASIH.

  5. agus setiaawan

    mau tanya nih kalau mau cek register tanah atas hak milik siapa secara online , dimana linknya bos, mohon petunjuk? saya mau ngecek program prona jakarta timur

  6. agus setiaawan

    mau tanya nih kalau mau cek register tanah atas hak milik siapa secara online , dimana linknya bos, mohon petunjuk? terutama program prona jakarta timur.

  7. Yuliantoro

    Yaaaa tradisi/budaya yg salah seluruh pegawai abdi negara yaaa ditinggalkan, tgs anda melayani rakyat dr situ gaji anda.Jgn anda bekerja menunggu uang pemberian msyrkt, kan itu menyalahi aturan.

  8. winda

    saya mau mengurus sertifikat tanah yg di dapat lewat pengadilan, kata petugas BPN Jambi harus ada pemilik yg punya tanah di sebelah tanah saya juga. malah jadi bingung, karena ga tau yg punya tanah disebelah siapa. apa memang mekanismenya seperti iitu?

  9. Rio Dermawan

    Yth. BPN RI

    Sehubungan dengan proses pembuatan sertifikat tanah. Saya secara pribadi memiliki keluhan atas proses pembuatan sertifikat kepunyaan bapak saya yang sejak 2011 hingga per hari ini belum mendapat kejelasan proses.
    Beberapa kali ditemui petugas setempat, yang perndah mensurvey langsung ke tanah kami, sering bahkan tidak pernah kami temui di tempat. Hal ini kami teruskan kepada Kasi yang berkompeten di kantor tersebut, tetapi hanya termakan janji nanti dan nanti.
    Jika kami mendapatkan informasi terkait kendala, tentu kami akan membantu dalam memikirkan solusi. Akan tetapi permasalahan ini belum kami ketahui indikasinya.

    Mohon kiranya memberikan saran, jika kami tidak mendapatkan kepuasan proses ini dan tidak mendapatkan kejelasan proses di BPN kabupaten kami..

    Demikian saya sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

    Kalbar
    April 15, 2014

    Rio Dermawan, S.T

    Note’s;
    Hp. 085252227916

  10. Nur

    Saya mau bertanya ke BPN Kabupaten Bone, Bagaimana cara mendaftar untuk mendapatkan sertifikat Prona, krn saya tinggal dipedesaan?, Bagaimanakah prosedur yang harus dilalui, mohon petunjuk?

  11. andy irawan

    sebelum saya mengadukan hal ini saya pernah kirim tulisan ini ke : http://tangerangselatankota.go.id
    tapi tidak ada tanggapan mungkin sebelum saya kirim ke surat pembaca online dengan media ini ada solusinya :
    melalui email ini saya mau curhat mengenai pengurusan surat ajb ;

    biaya untuk pengurusan tanah saya yang hanya 79m dengan biaya minimal 5,8jt sampai tak terhingga!!!
    kalau media ini bersedia untuk bertemu dengan saya akan saya serahkan bukti2 nya,

    saya sebenernya mau memaklumi petugas kelurahan dan kecamatan untuk meminta uang lelah;

    tapi pengurusan dengan biaya yang tidak lazim saya keberatan;
    mohon kiranya media ini untuk membantu saya; yang mempunyai tanah sekecil ini dengan biaya proposonal
    ( sebenarnya saya sudah sempat ke kantor PBB di BSD dan Cilangeng ” dengan perincian biaya yang di kasih oleh orang kelurahan dan kecamatan” )
    Mereka geleng2 kepala dengan biaya yang tidak lazim;

    tadinya saya pesimis dengan pegawai pajak karena image ; tapi saya sangat terbantu dan sangat baik terhadap saya memberi petunjuk yang sangat baik pokonya top banget; profesional tapi mereka angkat tangan untuk membantu pengurusan surat tanah tersebut ” menurut mereka ini sudah proyek orang kelurahan dan kecamatan”,

    saya menulis mohon kiranya media ini bisa membantu saya
    salam hormat saya

    Andy
    masyarakat kecil
    hp: 021 94169921

  12. dede junaedi

    PAK TOLONG WILAYAH CILANGKAP CIPAYUNG DAN SELURUH INDONESIA KIRIM PETUGAS SEBULAN SEKALI UTK NGECEK KE SETIAP KELURAHAN GA APA APA ONGKOSNYA D TANGGUNG SI PEMOHON /orang lima puluh ribu sampe selesai d luar biaya admin hanya utk uang pulsanya aja ga apa apa.biar notaris pada ke bingungan ga ada pasiennya lagi hi hi hi h hi

  13. dede junaedi

    kepada seluruh rakyat Indonesia kalau ngurus surat tanah langsung aja ke BPN jangan ke notaris sertakan juga saudara kakak ade om dll yang punya jabatan d lingkungan TNI ATAU POLRI YANG PANGKATNYA GEDE GEDE SEGEDE ALAIHIM BIAR GA D PERMAINKAN.OKEHHHH.

  14. tomo

    saya ikut mendaftar prona 2012 sampai sekarang saya belum menerima sertifikat sampai sekarang.desa kuantan sako kecamatan;logas tanah darat kabupaten;kuantan singingi -RIAU.

  15. ariez

    maaf ya pak,, saya salah satu pejabat di BPN,, saya katakan kalau anda ingin cepat, anda sebaiknya membayar uang terima kasih… anda tidak bisa nyuruh2 kami bekerja begitu saja, anda juga harus pengertian,, memang sudah begitu tradisinya,, sekali lagi mohon maaf

  16. bagus

    Saya mau tanya pengurusan dari ajb ke shm untuk wilayah jombang jawatimur khusunya daerah kec mojowarno..
    Untuk biaya shm berapa?
    Pengukuran tanah biayanya berapa?
    Dan pembaharuan shm dari tahun 1984 ke tahun 2013 itu biayanya berapa?

    sekian terima kasih

  17. bang thoha

    saya mau tanyak kepada BPN…bolehkah HGB yang mati 10 tahun di jual belikan…dan yang namanya EX…..a/n….melimpahkan kepada seseorang…tampa sepengetahuan PBN, sementara ex yang dimaksud bebes (Negara)

  18. Iwan Setiawan

    Yth. Bpk/Ibu.
    BPN Pusat / Jakarta.

    Dengan hormat,

    Sy mau tanya tentang surat perponding Indonesia No. 94 / 675 pecahan dari surat perjanjian jual beli tanah hak milik tanggal 31-01-1972 yang terletak di kamp. Cempaka sari Rt. 003/ 08 Kel. Harapan Mulia Jakarta Pusat a/n Warsan b.Irta luas tanah 60 m2 dgn no. Kohir : N-1-02-02-08-03-017 dan saya atas nama pewaris dari alharhum Warsan mau mengurus surat sertifikat tanah.
    Pada bulan Mei ditempat saya ada program pemutihan namun persyaratannya setelah diusulkan ada kekurangan mengenai surat perponding sebagai lampiran dari surat perjanjian jual beli tanah.
    Mohon bantuan dari bapakk/Ibu yang menangani dokumen tersebut diatas ditunggu informasinya, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
    Mohon dibalas

    Hormat saya,

    Iwan Setiawan
    Anak pewaris dari Alharhum Warsan b. Irta

  19. Jamal

    BPN Kabupaten Sanggau,, lebih lagi… sangat buruknya dalam pelayanan sertifikat tanah, teman-teman ada yang sudah 4 tahun belum jadi, punya saya dari tahun 2011 sampai sekarang juga belum jadi. Uang sudah disetor rata-rata Rp.3.500.000,- bagaimana kenerja mereka tu???

  20. Arie P. Kawatak

    Yth Pimpinan BPN Minahasa di Tondano ( Sulut )

    Saya memiliki 3(tiga) kapling kecil di desa Pineleng Dua (kompleks BPG) Minahasa Sulawesi Utara. Ketiga Kapling tersebut saya beli dengan AJB. Karena tugas kedinasan, maka saya tidak tinggal di Minahasa , tetapi di Makassar ( Sulsel ).
    Pada suatu hari ( awal Pebruari 2013 ) Kepala Desa Pineleng Dua menelpos saya dan memberitahukan bahwa ada PRONA 2013 , dan saya disarankan ikut Prona. Saya setuju , dan bersedia menyelesaikan administrasi yang ditentukan ,termasuk membayar biaya yang dinyatakan oleh Kepala desa sebesar Rp. 1 Juta per sertifikat. Berhubung kapling saya kecil-kecil, maka dua kapling yg bersambungan disepakati untuk jadi satu sertifikat saja. Dengan demikian saya mengajukan 2 (dua) sertifikat untuk 3 kapling.

    Hampir setiap bulan sejak Pebruari tersebut , saya menelpon pak Kades menanyakan perkembangannya. Namun menjadapat jawaban bahwa BPN Minahasa sedang memprosesnya. Harap menunggu.

    Sekarang sudah bulan Oktober 2013 , apakah memang belum selesai proses PRONA untuk tanah-tanah di Pineleng Dua Minahasa ? Mohon kepada kami diberi pencerahan / penjelasan , ada kendala apakah sehingga PRONA di Pineleng Dua belum juga selesai .

    Kepala Desa Pineleng Dua , bapak Drs Demos Komboy , menjamin kepada saya bahwa BPN Minahasa sudah akan selesai memprosesnya pada akhir Tahun 2013 ini.

    Lembar-lembar dari AJB saya yang sudah diserahkan ke pak Kades, adalah AJB No. 65/ KP-XI/2003 , AJB No 66/KP-XI/2003 , AJB no. 67/KP-XI/2003 termasuk kuitansi asli pembelian kapling terkait pada tahun 2003.

    Tanda Terima Penyerahan Dokumen , yang ditandatangani oleh saya dan saksi-saksi serta pak Kades (serta cap kantor Hukum Tua) saya simpan sebagai pertinggal.

    Demikian pertanyaan saya, mohon tanggapan / penjelasan dari BPN Minahasa.
    Atas perhatian diucapkan terima kasih

    Hormat saya,
    Arie P. Kawatak

  21. h.ismil kasim

    hampir rata rata pegawai BPN banyak mengadakan korupsi,atau pemerasa pada masyarakat terutama menyangkut pengurusan sertifikat tanah.
    krn proses balik nama yg shrsnya 5 hr ud semua serahkan dokumen persyaratan termasuk biaya sejak tgl.10 mei 2013 s/d. bln oktober 2013 blm dpt diselesaika. yg lucunya lgi oleh petugas pelayanan d ktr bpn beralasan setiap kali kami ke ktr bpn sakit/plng minum obat/plng makan / pimpinan ada raker/rapat. mhn d rekrut aja pegawai yg seperti itu dan klo blh diberi teguran sebagai tindakan administratip krn ud g cck lgi d zaman tecnologi klo mau maju seperti negara2 tetangga lainnya.-

  22. nasrul

    yth. bapak/ibu pejabat pertanahan RI.
    Orang tua saya ada punya sebidang tanah yang suratnya berupa “GS” (gambar situasi) tapi suratnya hilang, kemudian orang tua saya buat surat baru berupa surat “Alashak” dari Kecamatan. namun ukurannya tidak sama dengan ukuran di surat “GS” dan dasar pembuatan surat Alashak tersebut tidak berdasarkan surat “GS” yg hilang.
    Beberapa tahun kemudian orang tua saya menemukan surat “GS” tersebut berupa Foto Copy. dan kami melakukan pengukuran ulang yg ternyata masih ada tanah orang tua kami yg lebih sekian meter yg sudah di ambil orang.
    Yang ingin saya tanyakan : – Bisakah kami mengambil kembali tanah yg lebih tersebut dengan berdasarkan surat “GS Foto Copy”.
    – Bisakah surat “Alashak” di batalkan dengan berdasarkan “GS Foto Copy”.
    – Bagaimana caranya agar GS Foto Copy tersebut dikembalikan menjadi “GS Asli”.

  23. franz budi

    selamat siang.
    mohon informasi alamat lengkap BPN Kota kodya Semarang ya bapak/ibu petugas.
    sebelumnya terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.
    salam

  24. jarkoni

    sertifikat tanah ada sekitar 5 sertifat di gondol maling.
    yang mau saya tanyakan sertifikat tersebut belum di foto copy padahal untuk mengurus dan memblokirnya harus ada foto copynya?apa yang harus saya lakukan makasih.salam hormat

  25. edy

    saya mau tanya sama Kepala BPN Karanganyar: berapa lama pengurusan sertifikat di kab. karanganyar solo karena kami keluarga ada tanah yang kena proyek jalan tol dan sisa tanah sampai hampir empat tahun kok sertifikat belum muncul juga

  26. bambang wijanarko sh advokat

    buat Bpn malang kota tolong pembuatan sertifikat atas nama umaya ini sudah 1 th lebih tidak ada perkembangan tolong di perhatikan sebelum ada tindakan hukum dari kami tks. adv bambang wijanarko sh

  27. orang udik

    kinerja pegawai bpn sanggau memprihatinkan,tiap hari nongkrong di warung kopi,,,,,kapan jadinya sertifikat saya,,,,,,,,,,,,,udah 2 tahun lebih ,,, bpak rabudin yang ngurus,saya udah keluar uang 6 juta lebih,gimana ini

  28. sara

    yth bapak kepala BPN mohon birokrasi pengurusan sertifikat itu jangan bertele-tele,sudah jadi trade merk kalo ngurus sertifikat tu makan waktu bertahun tahun ,mohon dirubah jadi kilat pak tapi sudah jamannya gak pake pelicin lhooo makasih .

  29. sara

    saya mau tanya kepada bp kepala BPN, terutama BPN BANTULLL ,saya ngurus sertifikat tanah di notaris MARDIYAH jetis bantul, dan memasuki proses sertifikasi,hanya kurang tanda tangan bp kepala BPN BANTUL,tapi kenapa notaris harus menunggu sampe laaaamaaa bangeeeet,dlm tanda terima di stampel tgl 03mei 2013 bisa diambil tapi kenyataannya, tgl 31 mei di konfirmasi di kantor BPN BANTUL belum jadi baru di masukkan ke bp kepala tgl 20 mei dan udah 10 hari di meja pak kepala juga belum di pegang,terus harus nunggu berapa lama BAPAK KEPALAAAAAA sy udah 2th proses ini

  30. M.Muluk.Lambatjing

    Kpd Yth .Bpk Kasi2 yg terkait dgn PRONA 2012. Khususnya di Kel.Tomang Kec.Gropet Jkt Brt. Sesuai Laporan Warga yg ikut Prona 2012, kpd kami Sbgai LMK. Adapun yg dipertanyakan sbb; 1.Yg ikut krg lebih 175.dan yg Lolos 125 org/bidang. 2. Sudah dpt SK 80 dan sdh membayar BPHTB sejak 3s/d 5 bln yg Lalu Sertifikatnya belum juga jadi. 3.Sisanya 45 sampai saat ini SK nya belum juga (sdh msk mei 2013). 4. Kalau tdk salah yg sdh jadi sertifikatnya 26 org. (11 + 15 ). Hemat kami mohon kabar yg pasti…Wassalam..LMK.09 Kel.Tomamg

  31. honorer kab buton

    penetapan pengangkatan tenaga honorer kab buton (K1) sulawesi tenggara penuh rekayasa. kepala kantor bpn kab Buton tidak becus, sering pulang kampung.
    terima kasih untuk di tindak lanjuti.

  32. ibro

    Tolonglah pihak Badan pertanahan ada komunikasi yang baik dengan pihak kecamatan dalam pembuatan sertipikat tanah.kemudian akui kesalahan jangan ngotot tidak bersalah padahal kalian bersalah tidak konpirmasi dengan pihak kecamatan langsung aja jadi sertipikat

  33. erik

    Ass.Yth. Bapak Ibu, saya akan beli tanahdi sekitar Mabes TNI Cilangkap yg saya dengar dari yg jual tidak bisa keluar IMB atau SHM karena jaman pak Harto dilarang didirikan Bangunan, apa benar itu Pak/Bu kejelasanya bagaimana ?

    Trm kasih

  34. Roni Aroma

    Alamat kantor BPN Sukoharjo dimana ?
    Kalau boleh tau pemilik tanah eks Atrium 21 di JL.Ir.Soekarno Solo Baru atas nama sapa ? dan Status Sertifikat masih HGB apa sudah Hak Milik ?
    Terimakasih.

  35. junus

    ass.wr.wb.
    mau tanya no. telpon kantor bpn bagian sertifikat tanah dan ukur no. telponnya berapa ya…. wilayah soreang, kabupaten bandung.
    terimakasih

  36. wahyu

    yth. kepala Bpn Bantul

    apa bis a sertifikat yg sdh jadi di kantor BPN Bantul, proses pengambilan sertifikat dilakukan oleh orang lain (bukan ahli waris, tanpa surat kuasa) sementara ahli waris tidak tahu dan pemilik sudah meninggal dunia.
    sebelumnya saya sampaikan trimakasih atas bantuannya

  37. Kartini

    Dimana alamat BPN Bekasi utara?, kel.Bulak turi masuk wilayah mana? DKI atau Bekasi utara ya?

  38. Gipong

    kepada BPN kab karanganyar,,kok pengurusan sertifikat tanah atas nama pak sudarto jambangan pereng,sudah 3 tahun tidak selesai,mohon penjelasanya,saya mengurus lewat pak nono dan pak sakiman<orang bpn karanganyar. atas perhatian dan jawabanya kami ucapkan banyak terima kasih.

  39. Al'fa

    Dear BPN Bekasi….mo tanya,,kok tabel harga utuk jadi patokan besarnya biaya bikin seterfikat di situs BPN kab.Sukamara tidak ada,,kami minta tolong ditampilkan,,biar masyakat bisa meng akses,dan tau berapa besar biaya bila ingin buat seterfikat..

  40. arbani

    mo tanya,,kok tabel harga utuk jadi patokan besarnya biaya bikin seterfikat di situs BPN kab.Sukamara tidak ada,,kami minta tolong ditampilkan,,biar masyakat bisa meng akses,dan tau berapa besar biaya bila ingin buat seterfikat..

  41. didik sunawan

    saya mau tanya, bagai mana proses pengajuan sertifikat dari riwayat tanah masih bersetatus Petok D, demikian terima kasih

  42. ALLEN

    hampir rata rata pegawai BPN banyak mengadakan pungli,atau pemerasa pada masyarakat terutama menyangkut pengurusan sertifikat tanah

  43. handy abdul syukur, SH

    Yth: Bp Kepala BPN Nasional
    Kami mendapat informasi kalau di Kalbar mendapat proyek Regis ,tapi aneh katanya hanya 4 Kabupaten yang mendapat ,kenapa harus begitu , lalu kabupaten lain itu, kenapa di anak tirikan, apakah memang BPn kabupaten yang diberikan jata itu ada masalah dengan personilnya.
    selayaknya pihak BPN bersifat adil dan merata ,rakyat menunggu keadilan ,agar mereka juga didaerah dapat merasakan proyek pemerintah Cq BPN tersebut. mohon jawabanya dan setidaknya menegurkan Kakanwil BPN kalbar tersebut.

  44. henri

    maaf sebelumnya. saya mau tanyani. ke BPN apa benar warga keturunan tionghua tidak bisa mengurus sertifikat prona. alasan nya??? terimakasih

  45. henri

    mohon maaf sebelumnya. saya mau tanya kepada BPN. apa betul waga keturunan tionghua tidak bisa mengurus sertifikat prona. alasan nya? Terimakasih

    Salam,

    henri
    dumai

  46. ARM Sofwan Haryanto

    Mohon info untuk menjadi Rekanan BPN bagaimana caranya? saya harus ketemu dengan siapa di Direktorat apa? saya dari Kantor Jasa Penilai Publik / Appraisal.

  47. unu

    bolehkah saya minta dikirimkan soft file lampiran bentuk akta (ajb) menurut PP 10/1960, dan menurut PP 24/1997?please….mohon bantuannya, terimakasih ya..

  48. Edi Sukardi

    Yth. Bpk/Ibu. BPN Pusat / Jakarta. Sy mau tanya tentang pemecahan sertifikat rumah. Didaerah kimantan. Barat. Kab.sanggau kec. Sosok. Oleh pejabat setempat hrs cek wasiat di kantor Kemenkumham. Bagi warga keturunan Tionghoa. Sy tidak mengerti maksudnya , karena yg sy tau, sdh tidak adalagi diskriminasi dibumi NKRI. Karena sy awam dlm mslh ini. Sy mohon bantuan , kalau memang hrs cek wasiat , dimana? Gimana caranya ? Terimakasih. Balas

  49. Edi Sukardi

    Yth. Bpk/Ibu. BPN Pusat / Jakarta. Sy mau tanya tentang pemecahan sertifikat rumah. Didaerah kimantan. Barat. Kab.sanggau kec. Sosok. Oleh pejabat setempat hrs cek wasiat di kantor Kemenkumham. Bagi warga keturunan Tionghoa. Sy tidak mengerti maksudnya , karena yg sy tau, sdh tidak adalagi diskriminasi dibumi NKRI. Karena sy awam dlm mslh ini. Sy mohon bantuan , kalau memang hrs cek wasiat , dimana? Gimana caranya ? Terimakasih. Balas

  50. Edi Sukardi

    Yth. Bpk/Ibu. BPN Pusat / Jakarta. Sy mau tanya tentang pemecahan sertifikat rumah. Didaerah kimantan. Barat. Kab.sanggau kec. Sosok. Oleh pejabat setempat hrs cek wasiat di kantor Kemenkumham. Bagi warga keturunan Tionghoa. Sy tidak mengerti maksudnya , karena yg sy tau, sdh tidak adalagi diskriminasi dibumi NKRI. Karena sy awam dlm mslh ini. Sy mohon bantuan , kalau memang hrs cek wasiat , dimana? Gimana caranya ? Terimakasih

  51. ahmed tahar

    Saya mau tanya tentang data pegawai BPN kab Gowa yang bernama Mappanyukki yang beralamat di jl.poros malino ling borong . RT 001/001 apa yang bernama tsb betul-betul pegawai BPN Kab. Gowa, terima kasih

  52. ANAND

    PAK KEPALA BPN KOTA MEDAN SAYA MAU TANYA, APAKAH RUMAH BERSERTIFIKAT RESMI ,BISA DIBLOKIR SETELAH 6 TAHUN ,SEMENTARA YG SAYA BACA DI HALAMAN TERAKHIR SERTIFIKAT ADA SALAH SATU PASAL YG BUNYINYA
    “SERTIFIKAT TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT SETELAH 5 TAHUN” TAPI KENAPA BISA DIBLOKIR , DAN BERAPA LAMA WAKTU BLOKIR TERSEBUT,DAN APAKAH SOLUSI DARI BPN UNTUK MEMBUKA BLOKIR TERSEBUT?
    SAYA MOHON DIBANTU KARENA ADA ORANG YANG INGIN MENGUASAI RUMAH KAMI YG BERSERTIFIKAT RESMI TAHUN 2006 ….TERIMA KASIH…….

  53. Minsen

    Say a mau Tanya apakah perumahan yg dibangun di Graha Helvetia Medan tahap II Dan III tanahnya bersetefikat tidak? Karen a rencana say a mau membeli rumah di komplek graha Helvetia. Terimakasih

  54. Heroe

    bapak saya sudah meninggal 10 tahun yang lalu dan kemarin saya bongkar-2 lemari orang tua saya dan ternyata ada sertifikat tanah didaerah simo surabaya dan setelah saya lihat ke lokasi disana sudah didirikan bangunan tinggi-tinggi, pertanyaan saya bagaimana caranya untuk menanyakan lokasi tanah yang ada disertifikat tersebut dan bagaimana pula caranya untuk mengurusnya, mohon informasinnya terima kasih.

  55. keke

    saya memiliki rumah dan tanah hoek disampingnya (SHM) disalah satu perumahan di Tangerang. Namun sy tidak menempatinya, sy menunjuk org lain utk tinggal disana hitung2 membantu sy menjaga rumah sy. Namun setelah sekian tahun ternyata disamping rumah sy ada bangunan yg disinyalir milik org lain, sy bingung kok bisa? pdhl tanah itu termasuk dlm sertifikat sy, atas dasar apa dia berani mendirikn dan menghak-milikkan tanah sy sementara sy memiliki surat2 lengkap atas semua itu, dan parahnya lg ternyata PBB sy telah berkurang dari yg 150m2 sekarang hanya dibebankan 60m2 (pembayrn PBB ini dilakukan oleh org yg menmpti rmh sy). Mohon infonya bgm cara menyelesaikan ini krn sy sungguh tdk paham maslah pertanahan ini, yang sy tahu itu rumah dan tanah milik saya dan bersertifikat…

  56. wia

    mau tanya kantoe BPN jagakarsa beralamat dmna yah?
    klo untuk urus sertifikat tanah syaratnya apa saja?

    terima kasih

  57. Rahmadsyah

    Yth bapak/ibu pejabat Pertanahan RI.

    Saya pemilik tanah di Jakarta, yang sedang galau karena Pemda menjelaskan tanah warisan nenek moyang kami berstatus PHT. Artinya secara sepihak pemerintah mengambil hak kami atas tanah pribadi tersebut.

    Mohon pencerahan bagaimana kami bisa mengajukan permohonan agar tanah tsb bisa dihapus dari planning sewenang-wenang PEMDA DKI! dan kami bisa mengoptimalkan tanah tsb atau dijual dg harga yang kami inginkan.

    Terimakasih atas bantuan bapak/ibu yang sudi memberikan pencerahan kepada saya dan keluarga.

    Salam,
    Rahmadsyah

  58. caroline

    Saya mau tanya ke BPN di Medan. Apakah Perumahan di Griya Tanjung Selamat Indah di Medan sudah terdaftar di BPN yang menjadi hak milik Developer PT. MULTI CIPTA PROPERTY dgn alamat : Jln : Abdul Haris Nasution No.17 A Medan ?? Karena sekarang saya sedang Booking Fee dan sudah memberi angsuran yang hampir lunas untuk satu kavling. Saya takut, tanah itu tidak terdaftar di BPN. Banyak terimakasih atas jawabannya yang sedang saya tunggu….terimakasih.

  59. Alfa

    Bos mau tanya nih kalau mau cek register tanah atas hak milik siapa secara online , dimana linknya bos, mohon petunjuk? thanks b4

  60. Alfa

    bos minta tolong nomor HP kepala cabang kantor BPN kota BITUNG – SULUT?